Rabu, 06 April 2016

Perancangan Sistem & Joint Application Development

PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
1. PERANCANGAN SISTEM
Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya sekarang bagi analis sistem untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Tahap ini disebut dengan perancangan sistem.


Perancangan sistem dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu :
1. Perancangan sistem secara umum / perancangan konseptual, perancangan logikal / perancangan secara makro.
2. Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara phisik.
2. PENGERTIAN PERANCANGAN SISTEM
Verzello / John Reuter III
Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem : Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi : “menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk “.
John Burch & Gary Grudnitski
Desain sistem dapat didefinisikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
George M. Scott
Desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan ; tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem, sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisis sistem.
3. TUJUAN PERANCANGAN SISTEM
Tahap Perancangan / Desain Sistem mempunyai 2 tujuan utama, yaitu :
1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem.
2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik yang terlibat (lebih condong pada desain sistem yang terinci).
4. PERSONIL YANG TERLIBAT
Analis sistem seharusnya melibatkan beberapa personil, seperti :
1. Spesialis pengendalian
2. Personil penjamin kualitas
3. Spesialis komunikasi data
4. Pemakai sistem
5. PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Analisis sistem dan desain sistem secara umum bergantung satu sama lain. Studi menunjukkan bahwa apa yang dikumpulkan, dianalisis dan dimodelkan selama fase analisis menyediakan dasar bagi desain sistem secara umum untuk dibuat. Fase analisis sistem merupakan investigasi dan berorientasi ke temuan.
Pada fase ini, profesional sistem harus sering membuat fitur yang baru atau berbeda dari model dasar yang dibuat selama analisis sistem.
Kuncinya adalah dapatkan atau tuliskan semua ke dalam kertas tanpa mencoba untuk memperbaiki desain sistem lebih awal. Aturannya adalah : berinteraksi dengan user, periksa dengan anggota tim, periksa dengan teknisi (pemrogram); desain ulang, periksa, periksa dan periksa kembali tetapi jangan coba-coba untuk membangun detail yang lebih rendah atau spec kecil selama fase ini. Semua ini akan dilakukan jika salah satu dari desain sistem secara umum sudah dipilih untuk implementasi.
TIGA KATEGORI DESAIN SISTEM
1. Global-Based Systems
2. Group-Based Systems
3. Local-Based Systems

EMPAT KUNCI ELEMEN DARI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) UNTUK MENDESAIN SISTEM


RAD dipopulerkan oleh James Martin.
Sinergismenya adalah bahwa RAD menggabungkan elemen-elemen yang bekerja sama, sehingga dampak keseluruhannya lebih besar dibandingkan dengan jumlah dampak per individu / masing-masing. Adapun 4 kunci elemen dari RAD dan kita akan membahas proses dari Joint Application Development (JAD) :
Joint Apllication Development (JAD)
IBM mengembangkan teknik JAD di akhir tahun 1970-an. Sebuah proyek JAD biasanya adalah dari 3 sampai 6 bulan .Untuk proyek skala besar.
Konsep JAD didasarkan pada 4 ide :
1. Para pengguna yang melakukan pekerjaan memiliki pemahaman yang terbaik terhadap pekerjaannya.
2. Para pengembang memiliki pemahaman yang terbaik terhadap bagaimana teknologi tersebut bekerja .
3. Proses bisnis dan perangkat lunak proses pembangunan bekerja sesuai dasar yang sama.
4. software terbaik keluar dari suatu proses bahwa semua kelompok bekerja sama dan sebagai salah satu tim dengan gol tunggal yang telah semua sepakati.
Jadi , apa itu JAD ?
1. JAD adalah teknik perkembangan , manajemen , dan pelanggan kelompok untuk bekerja sama  membangun sebuah produk .
2. Hal ini serangkaian sangat terstruktur melalui wawancara sesi yang ditujukan untuk mencapai sebuah goal pada tujuan proyek dan ruang lingkup .
3. Sebuah proyek JAD dari 3 sampai 6 bulan.



Mengapa JAD ?
Karena JAD membantu untuk memperbaiki beberapa umum dari kesalahan proses dalam pengembangan perangkat lunak .
- Masalah : Gesekan antara pengembang dan pengguna ; kurangnya sponsor .
- Solusi : JAD aktif melibatkan pengguna dan manajemen dalam proyek pengembangan

Ruangan JAD

Peserta JAD biasanya meliputi :
1. Sponsor
2. Fasilitator
3. Manajer
4. Pengamat dari 2 - 3 orang
5. End Users dari 3 - 5 orang
6. Scribes 1 atau lebih
7. Domain Experts

JAD Peserta - Sponsor
- Peran : untuk memberikan dukungan penuh kepada proyek sistem dengan mendorong pengguna yang ditunjuk untuk rela dan berpartisipasi aktif dalam sesi JAD.
- pembuat keputusan : Sponsor membuat keputusan akhir mengenai go atau No go arah dari itu proyek.
JAD Peserta - Fasilitator
Peran : merencanakan sesi JAD , melakukan sesi , dan untuk menindaklanjuti hasil .
- Jauhkan sponsor eksekutif yang terlibat dan peserta bekerja sama
- Memimpin diskusi, mendorong peserta untuk secara aktif berpartisipasi, mengatasi masalah konflik yang mungkin timbul, dan memastikan tujuan dan tujuan dari pertemuan tersebut terpenuhi .
- Menetapkan " peraturan dasar " yang akan diikuti selama pertemuan dan memastikan bahwa peserta mematuhi aturan-aturan.
JAD Peserta - Pengguna dan manajer
peserta ini biasanya dipilih oleh sponsor proyek .
- peran Pengguna : Berkomunikasi secara efektif aturan bisnis dan persyaratan, prototipe tinjauan desain dan membuat keputusan penerimaan .
- peran Manajer :
1. Menyetujui tujuan proyek dan menetapkan prioritas ,
2. Menyetujui jadwal dan biaya , dan menyetujui kebutuhan pelatihan diidentifikasi dan implementasi rencana.
JAD Peserta - Scribes
- Scribe bertanggung jawab untuk menjaga catatan yang berkaitan dengan segala sesuatu yang dibahas dalam pertemuan tersebut .
- catatan ini diterbitkan dan disebarluaskan ke peserta segera, setelah pertemuan untuk menjaga momentum yang telah didirikan oleh sesi JAD dan anggotanya.
JAD Peserta - Is Staff
- personel IS mendengarkan dan mengambil catatan mengenai masalah dan persyaratan disuarakan oleh pengguna dan manajer .
- Biasanya , IS personil tidak berbicara kecuali diminta untuk melakukannya .
- Pertanyaan atau masalah yang mereka miliki adalah biasanya diarahkan kepada pemimpin JAD setelah atau sebelum sesi JAD.
Perencanaan dan Melakukan JAD Sesi
Perencanaan :
- Kebanyakan sesi JAD dari tiga sampai waktu lima hari periode dan kadang-kadang bertahan hingga dua minggu.
- Keberhasilan setiap sesi JAD tergantung pada perencanaan yang tepat dan efektif dalam setiap melaksanakan rencana.

Melakukan sesi JAD :
Untuk berhasil melakukan sesi , pemimpin harus mengikuti panduan ini :
1.Memungkinkan cukup istirahat
2. Hindari penggunaan jargon.
3. Terapkan keterampilan resolusi konflik .  .
4.Analis dapat memilih untuk menyediakan satu set yang berbeda dari spesifikasi untuk peserta yang berbeda.
5. Pastikan bahwa peserta mematuhi aturan dasar yang didirikan dalam sesi.
6. Sesi akhir dari sesi JAD biasanya sebuah dokumen tertulis formal.
7. Dokumen ini sangat penting dalam mengkonfirmasikan spesifikasi disepakati selama sesi untuk semua peserta .
.

Adapun hal yang membuat JAD menjadi buruk:
1. dukungan yang lemah atau tidak ada dari manajemen atas
2. komunikasi Lambat dan waktu umpan balik yang lama
3. dokumentasi yang buruk.

Tips dari JAD Experts :
1. Lighten the load : Tulis ulasan salinan dari satu jam wawancara.
2. Get it in writing : Buatlah dokumen sebanyak proyek yang anda bisa.
3. Do it together : Atur waktu dan deadline waktu bersama-sama.

Kesimpulan
# JAD adalah pengguna , manajer dan pengembang . Hal ini dapat mahal , tapi sangat efektif.
# Tujuan

- Diskusikan kebutuhan bisnis
- Kumpulkan / mendefinisikan persyaratan
# Metode

- Tim memiliki pemimpin proyek dan perekam
- Tim biasanya bertemu di lokasi tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar